Jumat, 29 Juni 2012

korek harian honda nice 110 jadi makin ngaciiirrr



sugeng ndalu poro pamiarso sedanten mugi mugi kito sareng senantiasa wonten rahmatipun Gusti Ingkang moho Kuaos (selamat malam pemirsa semuanya....hehehe...semoga kita semua dalam rahmat Tuhan Yang Maha Esa, malam ini saya bawakan oleh oleh cerita korek mengorek motor honda nice, ni motor milik bung Nando,seorang mahasiswa di salah satu PTS jogja, dia pentholan club motor kinclong jogjakarta dan kebetulan ia sempet kesasar di bengkel saya yang reot ini.....hhhhh.....mungkin reot karna menahan berat pemikiran dari mbah dukun yang tiap hari memikirkan perkembangan dunia otomotif......hhhhh......serius banget nihhh, malah nglantur kesono sini ,lanjut dah, mari kita oprek, karena ni motor kluaran taun 2002 dan belum pernah sekalipun turun mesin, sekalian aja servis besar silinder head, blok piston,bak kopling, bak magnet dibongkar, terakhir crankcase dibelah, nah pada bagian ini yang spesial dari honda nice, walau bentuk dan pnampakan mesin honda nice dan supra fit sama, tapi ini lho yang saya bilang special, bandul honda nice lebih besar dan lebih berat sekitar 0,243 kg dari pada bandul supra fit atau bandul mesin c 100 lainya, hal tersebut bagus untuk memperkuat torsinya, makin mantab lagi ni bandul alias kruk as, panjang langkah naik turunya 55,5mm dan ini top buat menambah torsi awal, atau jadi enteng untuk beban berat, ya makin ngibrit dong pastinya, bandul di balance ulang hingga senter kembali, bearing atau laher dari bandul diganti dengan bearing SKF enduro beserta bearing gigi transmisinya juga, ni bearing kalo dipegang dalemnya trus ditiup bagian luarnya aja bisa muter, wah bakal makin ngacir pastinya, lebih enteng....hhhh, gigi transmisi tetap standar pastinya, g usah diubah, toh buat harian, yang pakenya toh ga ngebut trus kan, crankcase dirakit, magnet ga dibubut biarkan standar, bagian kopling, kampas kopling pake federal buat grand, tebal sip, ditambah satu buah plat kopling dan per kopling suzuki smash, nah sip ga bakal ada gejala slip kopling, selanjutnya bagian silinder head kami jamah.....hhhh, porting tetep standar hanya bagian sitting klep dan area bosh klep dirubah sedemikian rupa....hehehe tukang ukir nih....demikian juga area outlet ikut direamer menjadi 23mm, noken as standar saya las guna menambal bagian tonjolanya guna membuat ulang durasi buka tutup klep, saya bikin smooth tapi mengerikan diputaran atasnya, hehehe.....maenan kepras noken as emang mengasikan, bikin ketagihan....hhhh, overlap kedua klep begitu lebar, bagus untuk pembilasan gas bakar yang belum terbakar agar masuk kembali ke dalam silinder hingga tuntas terbakar, serta bagus buat pendinginan ruang bakar, jadi tetep irit kan motornya....hhhh. Piston standar oversize 100 saya benamkan kedalam silinder dengan penambalas las alumunium di bagian atapnya dan pembuatan dum mengikuti bentuk dan squish ruang bakarnya, karburator tetep standar lhoo.....hehe, direamer lagi bagian venturinya, ter kikis membentuk oval kaya di karbu honda tiger, manipol dipotong, dibuat ulang lubang masuknya agar gas bakar cepat masuk kedalam silinder,header knalpot diganti dengan ukuran 24mm kmudian disambung 26mm dan silincer standar dibobok 30mm,34mm,suara kering, merdu menggugah selera.....hhhh

setelah kelar smua waktunya tes ride, star masuk gigi 1,2,ke 3 motor bawaanya masih ngeget alias menghentak hingga kecepatan 120km/jam barulah oper ke gigi 4, hhhh.....gigi 4 nya bikin kabel spedometer putus...weleh...g tau top speednya....tarlah ganti olor spedonya...hehehe

spesial thank for bung nando yang dah sudi mampir dan bertukar pikiran bersama kami, serta pihak pihak terkait yang selalu bersedia membantu kami untuk berkarya

keep positif thingking biar bisa modif terus, memajukan dunia otomotif kita, monggo mampir ke gubug mbah dukun.

dukun motor

jl.dongkelan 513 jogjakarta

083840020345

Location : Gang Cempedak, Yogyakarta,
Posted via Blogaway

Tidak ada komentar:

Posting Komentar