Senin, 28 Mei 2012

Korek honda grand/supra c100 series



Matur nuwun terima kasih udah menyambangi blog saya ini....

Postingan ini saya tulis ketika bengkel saya sedang sepi ga ada pasien...dari pada nolah noleh bingung g ada kerjaan saya pikir mendingan berbagi ilmu tentang korek mengorek sepeda motor

Kali ini saya berbagi kisah tentang teman saya yang jauh jauh dari lampung datang ke kota gudeg ini...

Sebut saja mr.w...alkisah dicritaken seorang.......halah klamaan mlah kaya ovj aja....

Dengan honda supra lansiran taun 2002 ia datang dan berkeluh kesah perihal kegalauanya tentang motornya yang notabene bermesin 100cc semakin jadi bulan bulanan dijalan oleh mahasiswa lain yang emang memakai motor lbih muda...enom....perkasa....tokcer pokoknya......hhhhh kaya iklan obat apaan gitu......dan karna kapasitas mesinyapun lbh gede...jadi minderlah dia.....dalam hati saya berkata.....wah wong wong doh rung reti mlayune honda star q ( orang orang lum tau kencengnya honda star saya ) asemmmm.......hhhhhhh

Setelah mr.w selesai dengan curhatnya sayapun segera beranjak berdiri dri posisi jongkok saya.....seraya berteriak....merdeka!!!!! Hhhh g nyambung......

Becanda aja kok.....hhhhh piss......

Akhirnya saya berikan petuah....halah....masukan....bagaimana kalo dikorek aja tu supra biar lbh asolole di jalan jadi g dipantatin mulu ama motor2 muda....kalo yang mantatin daun2 muda mah saya juga mau......hhhhhhhh

Sesuai dengan keadaan mr.w yang seorang mahasiwa maka saya dan kru memberikan saran tentang paket korek harian murmermakceng....haha kaya jamu kuat aja.....yaitu paket stage 1 korek harian murah meriahpun makin kenceng.....tar yang digarap ini ini...dan hasilnya gini bung w...saya berkata

Oke akhirnya dia setuju...terpancar aura kegembiraan dari raut wajanya...eh maaf wajahnya....serasa tlah mnemukan titik trang kegalauanya....hhhh...

Setelah dil ongkos koreknya mr.w pergi begitu saya tendang.....hhhh gak ding...becanda piss....

Hmm langsung saja stelah mesinya dingin saya preteli tu supra....knalpot...sikinder head blok...ukur ukur semua spek standarnya...mmmm....mesin kok item kabeh...gosong....hhhhh wajar da lama g dibongkar....

Akhirya karna spek standar stage 1 korek harian saya itung itung mending pake 105 cc aja dulu...biar terep standar g banyak rubah sana sini lubang crankase juga g kna pisau bubut....

Pengerjaan dimulai dari port polish mmbetulkan lubang masuk kluar udara...inlet porting standar saya gerus dengan tuner mendekati tutup klep sehingga menjadi 20mm dan pada area kanan kiri bosh klep saya lebarkan untuk mengoptalkan arah bahan bakar masu

Lubang buang saya lebarkan menyerupai lubang packing knalpot

Noken as saya grinding skitar 1mm dan menyesuaikan derajat buka tutup klepnya...

Klar itu....saya ke tukang las almunium untuk mengelas piston imut2 berukuran 52mm motor cina....loh kok mocin pistonya....hhhh lum tau dia ini piston mocin buat atv alias motor offroad roda 4.....dah terjamin kekuatanya....manteb...

Kelar ngelas piston akhirnya saya mmemui gebetan saya... loh kok...apalagi ini malah pacaran g kerja woiii.....hhhh bukan gitu kbetulan gacoan saya jadi sekretaris di tukang bubutnya....hhhh ada unsur nepotisme...tiap mbumbutin ke situ pasti dimurahin...hhh...gpp lagian juga bengkel bubutnya gaya...pake sekretaris juga.....hhhhh

Di situ piston dibuat dum 3mm kerucut dan coakan pda bagian atapnya agar g nabrak klep saat dipasang....skalian kolter blok silindernya.......

Klar dari bengkel bubut skalian jemput sang pcar akhirna tiba di bengkel  untuk merakitnya....

Oh iya saya memasang karburator shogun 125sp ke supra mr.w....knalpot standar cuman header alias gulubanyak knalpot diganti ukuran 24mm terus nambah 26mm...jadi silincer masih ori...ting ting....perawan;p......hhhh....kopling dibuat manual tanpa ganti blok kopling atau bor cor blokya...saya pasang lwat lubang oli.....kata bengkel lain kopling model gitu pasti nggandul koplingnya...gampamg selip........hhhh belum tau ya mas caranya biar g selip....tuh rubah duduan dreg setelan kopling di dalamnya....beres to...

Setelah stel karburator...cdi juga standarnya...gir final juga bawaan motor....saatnya pengetesan di jlan parang tritis pukul 11malem hhh ademe....dingin juga ternyata....

Tes motor dinaiki anake tetangga saya....hhhh ngajarin g bener nih....g kok dah ijin ama ortunya...

Staaarr.....masuk gigi 1ke 2 ngangkat motorna...poll oper ke 3 ngepot bane blakang...pooll gigi 3 udah 110km/jam masuk 4 pol di 120km/jam....

Hhhhh lumayan untuk motore pemula alias mr.w....

Paginya motor diambil mr.w...tanpa babibu langsung dicoba

......eeee ru oper k gigi 2malah njamping bingung dia.....hhhhh 

Anda puas kami senang.....

Tetap positif thingking biar bisa modif...

Dukun motor jogja....jln dongkelan 513

083840020345...mari mari maen kmari...konsultasi juga boleh kok....kita smua saudara...



Location : Gang Cempedak, Yogyakarta,
Posted via Blogaway

9 komentar:

  1. Wah jadi tertarik dengan ceritanya Mas, kenalin nama ku Joko. aku punya grand thn 97 Mas, udah mengadopsi transmisi punya nya honda win, menggunakan piston Kaze oversize 75, silinder head Modenas, karbune PE 28. tapi kecepatan nya msih kurang memuaskan ya. tolong kasih saran-saran buat ku dong Mas.. Makasih..

    BalasHapus
  2. Aku juga tertarik ni,bro aku punnya grand 95 msih ori,kalo di buat yg spt teetulis diatas kira2 beaya berapa ya,trus bisa tahan lama ga,mohon pencerahannya,semarang

    BalasHapus
  3. Cerita nya lumayan menarik
    Tapi meragukan
    Karna saya punya motor supra dgn menggunak mesin astrea prima blok head supra fit karbu reamer pj di bor up mj standart ,
    Spull supra fit coil combinasi data digital dvd (dvd untuk masukan kaset film) magnet standar
    Piston jupiter 50 papasan ⅔mm
    Kopling kaki,
    Cuma tembus 117km beda 15meter dgn sf standart jarak tempuh 300meter

    BalasHapus
  4. nun sewuu mas..karbu apa yg cocok ya kalau mesin korekan harian dengan spek karbu kz size 100, salah satu buangan klep pakai honda beat.. head dan block silinder sudah papasan pastinya tapi gak tau ukurannya.. saat ini karbu pakai smash tapi saya rasa masih kurang di gigi 3 dan 4 nya.. mohon saran nya mas.. salam kenal... sebelumnya terima kasih atas masukannya

    BalasHapus
  5. maaf mas.. motornya supra fit 2004

    BalasHapus
  6. maaf mas.. motornya supra fit 2004

    BalasHapus
  7. honda gren buat 201m. standart harus oprek conetingroot, (stang) pake puny motor apa mas

    BalasHapus
  8. honda gren buat 201m. standart harus oprek conetingroot, (stang) pake puny motor apa mas

    BalasHapus