Pada hari minggu ku turut ayah ke kota, naik delman istimewa ku duduk di muka, di muka pak kusir yang sedang bekerja, mengerjai kuda supaya mabok jalanya....cetarrrrr.....duk dudak duduk dudak duduk...duk dudak duduk dudak duduk.....enaknya duduk di muka pak kusirrrr.....wkwkwkwkwkwkwk
Monggo poro sederek ,setelah dibuka oleh lagu pembuka pada pertemuan kali ini, mari kita makin konyol lagiii.......
Yang belum konyol tunjuk temanyaaaa.........!!!! Yaa.... buly lah teman anda....wkwkwkwkwkwk
Sesuai judul tread ini mari kita kupas habis tentang perjalanan rancang bangun dari sepeda motor yang telah mengalami sedikit goncangan pada organ dalamnya ini..hehe...diobok2 tapi masih halal minum prek mi um...hoho....hehe...cruuttt....walaupun premium sekarang langka, banggalah...karena jika anda masih menggunakan premium...berarti anda masih menggunakan bahan bakar limited edition....wkwkwkwkwkwk, gimana gak limited...lawong pompengisian bbm jaman sekarang jarang yang jual premium ron 88....hehe
Yukkk.....sok atuh dimulai...
Sebentar.... ada sedikit uneg uneg yang terlontar dari beberapa preman kita...hehe maap ,temen2 kita ,ada yang bertanya...bang...kenapa jarang kali kau ini mengupas menulis tentang memodifikasi mesin kereta kereta jaman sekarang ,macam injeksi itulah???
Itulah pertanyaan yang cerdas dari salah satu temen2 yang pernah menyambangi gubug kami, lah begini jadi.....eh....jadi begini....hehe....bukanya apa apa....setiap pelanggan yang datang kemari...membawa sepeda motor dgn jenis injeksi...kami welcome saja...tetapi kami menyarankan jika motornya yang baru itu jgn lah diobok obok.....bukan karena sesuatu....ada alasanya kami menyarankan hal tersebut....
1. Alahkan sayang motor baru dibikin ancur ancuran..hehe
2. Modif injeksi pada dasar nya dimesin sama dgn yg non injeksi...tetapi begitu harus beli trotol trotol body...ecu, dan dsb nya ketambah biaya koreknya ,akan lbh mahal keti bang non injeksi...lah kalo pake yg karbu...perawatan bagi yg awam akan lbh mudah, setelah dikorek jika trouble di jalan, bnerin di bngkel macam pinggir jalan pun mudah dan mereka bisa....hehe, ya hanya saran saja...bukan berarti kami tidak menerima mengerjakan injeksi, kalo mau yo monggo k gubug kami kalo mau korek injeksi...wkwkwkwkwk siapkan danamu...gak cuman nyalimu....wkwkwkwkwkwkwk
3.Dengan dana untuk korek injeksi full, bisa dapet spek lebih buat yg non injeksi
Wis lah...segitu dulu jawaban, dan saran dri kami ,hehe...smoga membantu untuk smuanya.....walau disini nulis tread sambil mencium bau busuk sampah...yo gpp...sedooottttt.....hhhhh....bebaskan jiwa mudamu......sedoootttttt....wc
Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
Yo fokus kembali ke topik yang sesuai judulnya yooo...
Korek ataupun upgrade yamaha vega zr....hehe banyak yang bilang ini motor lemot, sulit di oprek....ya maklum gpp, toh bebas orang ngomong apa, toh tiap orang punya hak berbicara, dan dijamin oleh negara, dan selama masih sesuai norma kode etik bersosial dalam berbicara, yang pasti ojo gawe rusuh, memprovokasi, bikin sakit hati, dan geli geli...wkwkwkwkwk....awas gelisah...geli geli basahh.....hhhh
Lah toh nglantur lagi..hehe
Nih basic, vega zr spek 113cc, hem sudah pernah kami bahas, ini sama dgn spek mio, wis gpp, disini dikupas bukan untuk bernostal gila ya....wis lah ,mio lama aja bisa ngacir jabani ninja jika dikorek...masak ini enggak....hehe...tapi sabar dulu broooo....kali ini kupas stage 2 dulu....karena yang punya masih sekulah...masih terbatas dananya...hehe
Oke lets go...
Berawal dari ngobrol di wa, tapi ingat...gak ngobrol politik loh ini...jauh dari sara...ataupun provokasi...bahkan masalah dunia permesuman......wkwkwkwkkwkwkwkw....takud kena baned badan sensor nasional...hhhhhhh....
Maunya sih sesuai permintaan yang punya motor, bawa head standar mau dipasang klep gede,bawa blok yang isinya udah piston so nice...soooguudd...hhhh
Yaudah gak usah bingung dan pusing toh motor baru alias taun muda,tapi masih karbu...ok
Penanaman klep sonice bukan langsung pasang, toh udah umum penggeseran sudut klep dilakukan, yang pasti harus tepat sudutnya, ini berkaitan dengan bagaimana anda nanti meramu noken as..hehe...rasah dibahas...ndak darari keminter....nyatanya kami cuma belo onn....hhhh...konyol mode on....ngguyu is ok...mringis is iyessss....!!!hhhhhh
Klep so nice aslinya 28/24 dikecilin jadi 27/23 ,kenapa dikecilin, yo sak karep ku to....hhhhhh...bertujuan agar ruang bakar tidak terlalu lebar aja, toh buat bebek...nantinya mau sekencang apa sih..hehe....
Kelar memprovokasi sudut klep..hehe...jelar tanam klep 27/23 nya,yang memang harus sabar menunggu prosesnya hehe.....setelah head jadi, segera kami memorting ulang lubang in dan ex head si zr ini...lubang in sebesar 25mm saja,gak usah gede gede,nanti dikira lubang buaya kalo kebesaran...wkwkwkwkwkwkwk lubang ex cukup 24mm saja...modif ukuran lubang porting sederhana tentunya,hehe...biar cupu saja...begitu....hhhhhh
Kelar urusan memorting ulang lubang in ex yang sengaja dibikin kasar ini,hehe...gak licin macam ditabloon...eh tabloid...atau stensilan apalah itu...hhhhh, skir klep dengan berbagai gaya pun dilakukan, yang paling berkesan adalah gaya batu...langsung nyebur...langsung tenggelam....hhhhh..opo to iki??? Ra nyambung blash...!! Hehe
Kelar skir, pemakaian pir klep takgawa..hehe...dengan kontur besar dan kecil, kenyal nya pas,gak terlalu keras,gak terlalu lembekkk...mbekkkkk...mbekkkkk...hhhh, kenyalnya...aduhhhh...nyal kenyal kenyall...kenyaaaaallll.... punya siapa ya itu...yang kenyal kenyal.....hhhhh
Noken as,hemm...kami gak bikin besar, modif aja dr standarnya, gerus 1,3mm in dan ex, ubah durasi menyesuaikan, spesial noken as durasi sama dengan honda astrea up 170km/jam....hehe auw auw....auuuwwwww....ngomong opo to iki...hehe, cuman bedanya ini pake klep lebih kecil, stroke lbh pendek, pkston lbh kecil ketimbang astrea yang dulu...bukanlah yang sekarang.....kata tegar...hehe
Kelar semua itu, lanjud prkses pemasangan, lubang kalter zr besar, muat buat liner 63 si nice, piston standar so nice 58mm, hemm... sderhana bukan...hehe...
Kelar pemasangan masih pake karbu standar,knalpot standar, bawa ke tukang knalpot buat bobok knalpot standar jupiter z nya..hehe
Diperjalanan, dicoba dgn karbu standar,cdi standar,knalpot standar...lumayan 120km/jam mudah diraih,tetapi kedodoran di gigi 4...walah...yasudah..toh lum disetting dgn knalpot standar juga
Setelah selesai proses pembobokan, setting sgn karbu rx z, hem ini rada sesuatu, karena knalpot masih terlalu keras suaranya, dan rpm bawah selalu basah, ok hari selanjudnya pun masih seperti itu, gigi4 drop...gak enak...wualahhh....akhirnya kami bongkar kampas kopling, ganti kampas kopling dengan honda supra x 125 ori, per 6 bawaan bak kopling tangan kami lengserkan,ganti per kopling takgawa...hehe, setelah kelar pemasangan, ganti oli sekalian pake oli kentalllll....kentulll...hehe...pake yang jental aja brooo.....kami bawa kembali ke tukang knalpot,lam 2hari ditinggal di tukang knalpot, kami bawa kembali ke gubug kami, kami set kembali,membuat jarum skep khusus karbu ini,karena selalu minta basah,agar kering....pilot kecil,mainjet kecil,setel irit,suara kanalpot biasa bobok gak keras,mirip suara mesin vega zr standar yang hanya bobok knalpot saja...ademm...gak drot drot drott...macem pacuan kuda binal....wkwwkwkwkkwkwk
Test run...hehe
Pemakaian cdi standar masih jamak dilakukan,blum ganti cdi unlimiter
Yooo....
Tes.....lets gooo...hehe
Star pelan pelan...hehe....gir 1 kena limiter 60km/jam.....lanjuddd...gir 2 kena limiter 90km/jam....hehe...gir 3 kena limiter 120an km/jam....dan....nih biasanya ngedrob di gigi 4.......hehe....dann....eng ing eng....gigi 4 dengan langkah pasti menuju 130...140....145.....150km/jam.....wew......belum juga habis nafasnya....keburu abis jalanya.....weleh itu pun beruntung karna lampu hijau rambu2 jalanya..hehe....tes di siang yang terik di ringroad selatan jogja perempatan madukismo star ke timur skitar 15meter sebelum lampu merah speedo meter menunjukan 145km/jam....gigi4 nafas belum habis....beruntung lampu rambu2 hijau...jalan ke 150km/jam,,,nafas belum tercekik....aduh mak....turunin gas....sudah lah..bebek jangan over speed.....sudahlah.....sudah....segini saja...toh buat pemula,masih siswa smk...jangan tergoda rayuan dunia....hhhhhhh
Haduh haduh...hehe...sempet pas nyoba2...ada macem2 sport dohc 150an penunggangnya ada yg marah2 karena gak bisa ngejar...hehe...ampun mas..ini cuman ngetes sendirian aja,jgn diambil hati kalo ketinggal jauh.....ampun.....ampun om,,,,,ampun.......ohhhhh.....hhhhh....saya masih perjakaaaaaa.....!!!
Hhhhhhhh
Special thanks buat
1. Mas sebut saja initial L owner nih zr yang dah rela mecah celengan
2. Mase tukang knalpot, sebut saja initial Joy hehe...maturnuwun mas...knalpote
3. Mas initial Bay atau biasa disebut mas Emon yang pagi2 diajak ambil motor,dibela belain dia hampir telat masuk kerja di AHASS, Matur nuwun banget....
4. Buat yamaha yang dah bikin vega zr...hhhhh...opo iki...!!! Malah promosi, ra dibayar yamaha kok promosi.....wahhh...gakpapa nga mall...po nge moll...hhhh
5. Dan semua sport sport 150 dohc yg ketemu di ring road selatan...maturnuwun banget...hehe....
Ingat...jangan tergoda rayuan yang hina dan durjana ini.....waspadalah waspadalah......hhhhhhhh
Positif thingking...biar tetep bisa eng ing eng........hok ya hokyaa.... sampai jumpaaaaaa....hehe
DUKUN MOTOR
Gubug kami JL.DONGKELAN 513 JOGJAKARTA
083840020345
Fb DUKUN MOTOR
Untuk oprek harian kaya gitu budget kira2 abis berapa ya om?
BalasHapusMaen di mesin aja.
Motor ane jupiter z new (robot/salib)
Dan klo boleh ada nomer kontak om buat saya sharing.
Terimakasih sebelumnya.
Yoseph