Rabu, 30 Mei 2012

cdi buat korek harian honda c100 series

selamat malem....gud nit jarene mas joyo....hehehe....
saya  mulis postingan ini di malam hari sewaktu baru saja mnutup bengkel....lah tutupnya ampe malem.....padahal g ngapa ngapain alias g ada kerjaan.....sok sibuk sih tepatnya...hehehe....

kali ini saya akan membahas dangan berbagi tentang cdi (current digital ignition) kalo jaman dahulu alias jamanya pakde saya yang juga mekanik,masih memakai platina....itu tu yang cetik cetik deket magnet ataupun di deket noken as. lah kita bahas aja cdi, pada dasarnya pengapian dibedakan menjadi dua, yaitu arus searah, biasanya disebut dengan DC, inget bukan depcolector lho.....hehehe, melainkan arus yang voltasenya stabil dan relatif kecil, biasanya dipake pada jenis jenis sepeda motor baru biar nyaman gak galak tapi yo biarpun smooth tapi stabil,tapi sayangnya motor motor sekarang cdi nya udah pake limiter, jadi ya maaf, monggo para penggemar kecepatan ganti aja pake cdi variasi , sedang yang kedua adalah arus bolak balik alias AC, arus ini relatif gede dikarenakan seiring tingginya mesin meraung rpm nya semakin gede juga arusnya.


buat para honda c100 series mania alias bebek honda bermesin cup alias standarnya 100cc, dan udah di modif korek harian ataupun buat balap liar, pastinya makin yahud kalo pengapianya optimal membakar bahan bakar plus udara di dalam silinder.....
buat spek kohar,ataupun sekedar balap liar, sebetulnya cdi bawaan asli dari sepeda motornya itu udah asyik alias mumpuni mengawal hingga gas poll.....tanpa limiter, tanpa banyak bacot.....hehehe, tapi alangkah baiknya kita pikir lagi deh, sebetulnya tu motor buat cari top speed atau akselerasi jarak deket, makanya disini cdi berperan..yang mau gas poll ampe lebih dari 140km/jam cdi standar ac nya ganti aja pake cdi digital racing buat c100 series,hehe....harganya cuman 100rb kok n ready stock pokoknya....soalnya ni cdi yang buat dari pabrik honda sono, asli....cuman ada IC yang beda jadi yo...mak nyuussss.......dan asyiknya tinggal pasang aja...colok matane....eh maaf colok soketnya.....hhhh.Beda lagi nyang mau asyik akseleraci cepet putaran bawahnya, ganti aja pake cdi shindengen shogun kebo nyang tanpa limiter itu lho,asyriiik,tapi.....ada tapinya....kata orang ni cdi sulit dicarinya n harga sekenyapun diatas 300rbuan,santai aja disini mah juga ready stock,banyak kok lagian cuman 150rb ampe 200rbuan,dan cara pasangnya gampang,ikuti ya.....bantuin ya....kata pak tarno....hehehe

cara pasang cdi shindengen k mesin c100 series;
beli dulu soket buat cdi shogun kebo,ntu ada 4 kabel kan,kabel pertama atas dari kiri ntu kabel pulser,sambung ke kabel pulser dari magnet yang berwarna biru kelir kuning,kabel kedua dari kiri ntu  kabel koil,sambung aja ke kabel yang ke arang koil,warnanya hitam kelir merah,lah kabel yang di bawahya kabel pertama ntu kabel min (-) negatif,sambung aja ke kabel negatif di aki,trus kabel terakhir ntu kabel plus (+) arus positif,sambungin aja ke kabel positif aki,colok cdi , motor di slah,alias diengkol langsung deh wor worr..... mudah kan...tapi ingak...ingak...ntu pengapianya on trus alias tanpa kunci,yang tetep mau pake kunci, tinggal panjangin kabel plus (+) ke kontak,beres tho...ga perlu ganti sepul pengapian di blok magnet.....murah meriah to bung....hehehe atau mau pasang ac dan juga dc sekaligus....bisa kok paralel aja ntu pake swicht,tar tinggal ganti mode ac apa dc,jadi cdi dual band donk.............hehehe


untuk konsultasi lebih jelasnya bisa kontak dulu atau maen aja ke tempat mbah dukun hehehe.....santai ja nanya nanya ga dipungut biaya kayak di pengobatan alternatip......hhhhhhh


Dukun motor banter
jln.dongkelan 513
083840020345







9

Korek motor harian shogun 125fl


Salah satu produk dari pabrikan suzuki adalah shogun....dari jamane saya masih sekolah dulu suzuki shogun bener bener melenggang diantara motor motor spek sekelasnya....

Sebut saja melati,gadis berumur 17 tahun ini terpaksa berhenti sekolah karna ulah gurunya.....

Ia lulus sekolah jadi berhenti sekolah.......hhhhhhhh bener bener g nyambung ama judul diatas....

Just kidding biar g streess bung.....

Shogun telah mnjadi idola dieranya,dan sekarangpun varian shogun terahir pun sebenarnya sangatlah menyenangkan untuk diajak berliuk liuk di jalanan....

Akan tetapi banyak juga yang masih risih dan gemes untuk memodifnya agar lebih bertenaga.....salah satunya adalah bung an, dia adalah pemilik suzuki shogun 125 fl lansiran 2007. Aku ki seneng top speed sing duwur...dowo...(saya suka top speed atasnya yang panjang) itulah kata kata bung an.....hmm....gini bung.....kata saya.....korek harian aja biar g ribet...motor halus tapi kenceng...minimal pasti samalah larinya ama mega pro.....manteb, tar saya itung itung spesifikasi n buget nya habis berapa.....tet..tet..tet...suara kalkulator karce kuno saya...hehe...biar kuno tapi masih tepat itunganya....

Akhirnya kluarlah bilangan bilangan yang tlah terkalkulasi tersebut....ini bung tar dibuat 142cc...yang dirubah ini ini...

Oke....sahut bung an...aku manut...imbuhnya....sip motor ditinggal....bung an pun pulang seraya mlambaikan tanganya....dada.....wah dadanya siapa hayo.....hehehe...

Esok harinya mesin dibongkar...wah kaya motore mr.w....item item smua di dalamnya....untuk aja g jadi rumah keciak atau tikus....hhhhh gak ding becanda....

Klep standar bawaan motor dengan spek in25 dan out 22mm lumayan lah untuk spek modif standar...

Lubang in diperbesar mendekati tutup klep mjadi 22,6mm out dilas lalu dibentuk d flow...alias d type....niru lubang out suzuki carry....hehe ilmu mobil....pda dasarnya kan sama ama motor, manifol memakai dari mocin dipotong diporting 26mm dibikin pendek agar gas segar langsung masuk cepat ke ruang bakar, berbentuk mengerucut...atas 26mm k bawah 23mm. Area kanan kiri bosh klep menjadi 27mm, noken as saya grinding g banyak dan nyesuaiin derajat buka tutup klepnya, silinder head dibubut 1mm, piston memakai piston thunder standar tak lupa dilas bagian atapnya untuk membentuk dum...klar smua squish tetap standar dengan dek clearen 0.5mm pda piston, jgan lupa dicoak biar g nabrak klep, oh iya per klep masih standar dan ditambah ganjal ring 1.5mm agar g floating, karburator memakai karbu kepunyaan gl neotech dengan venturi 26mm...sebenarnya saya menyarankan memakai karbu nsr sp tapi berhubung buat harian ya lumayanlah neotech.

Smua dah dirakit dan penyesuaian final gir menjadi 14/34 okelah untuk pengetesan...

Lokasi tes di jl.parangtritis-pundong

Dengan final gir berat saja masuk gigi 2 motor berdiri hampir saja masuk sawah.....hehehe...oper 3kecepatan 110km/jam pun gampang diraih...oper 4udah mentok jalanya tar malah nyungseb sawah.... oke siap ni motor buat bung an nyalib mtor motor laki hehehe....monggo bung an...

Biaya:

Seker thunder+ring seker original 150rb

Ganjal per ring klep 2 buah 30rb

Port polish+kepras noken+sekur  200rb

Kolter blok silinder 40rb

Perpak set top 30rb

Kampas kopling satria 2tak 35rb

Plat kopling 1buah 15rb

Pipa gas buang di tmpat buat knalpot 50rb

Murah tur banter.....hehehe....keep positif thingking biar bisa modif yuuuuk....

Dukun motor banter

Jln.dongkelan 513 jogja

083840020345

Location : Gang Cempedak, Yogyakarta,
Posted via Blogaway

Senin, 28 Mei 2012

Korek honda grand/supra c100 series



Matur nuwun terima kasih udah menyambangi blog saya ini....

Postingan ini saya tulis ketika bengkel saya sedang sepi ga ada pasien...dari pada nolah noleh bingung g ada kerjaan saya pikir mendingan berbagi ilmu tentang korek mengorek sepeda motor

Kali ini saya berbagi kisah tentang teman saya yang jauh jauh dari lampung datang ke kota gudeg ini...

Sebut saja mr.w...alkisah dicritaken seorang.......halah klamaan mlah kaya ovj aja....

Dengan honda supra lansiran taun 2002 ia datang dan berkeluh kesah perihal kegalauanya tentang motornya yang notabene bermesin 100cc semakin jadi bulan bulanan dijalan oleh mahasiswa lain yang emang memakai motor lbih muda...enom....perkasa....tokcer pokoknya......hhhhh kaya iklan obat apaan gitu......dan karna kapasitas mesinyapun lbh gede...jadi minderlah dia.....dalam hati saya berkata.....wah wong wong doh rung reti mlayune honda star q ( orang orang lum tau kencengnya honda star saya ) asemmmm.......hhhhhhh

Setelah mr.w selesai dengan curhatnya sayapun segera beranjak berdiri dri posisi jongkok saya.....seraya berteriak....merdeka!!!!! Hhhh g nyambung......

Becanda aja kok.....hhhhh piss......

Akhirnya saya berikan petuah....halah....masukan....bagaimana kalo dikorek aja tu supra biar lbh asolole di jalan jadi g dipantatin mulu ama motor2 muda....kalo yang mantatin daun2 muda mah saya juga mau......hhhhhhhh

Sesuai dengan keadaan mr.w yang seorang mahasiwa maka saya dan kru memberikan saran tentang paket korek harian murmermakceng....haha kaya jamu kuat aja.....yaitu paket stage 1 korek harian murah meriahpun makin kenceng.....tar yang digarap ini ini...dan hasilnya gini bung w...saya berkata

Oke akhirnya dia setuju...terpancar aura kegembiraan dari raut wajanya...eh maaf wajahnya....serasa tlah mnemukan titik trang kegalauanya....hhhh...

Setelah dil ongkos koreknya mr.w pergi begitu saya tendang.....hhhh gak ding...becanda piss....

Hmm langsung saja stelah mesinya dingin saya preteli tu supra....knalpot...sikinder head blok...ukur ukur semua spek standarnya...mmmm....mesin kok item kabeh...gosong....hhhhh wajar da lama g dibongkar....

Akhirya karna spek standar stage 1 korek harian saya itung itung mending pake 105 cc aja dulu...biar terep standar g banyak rubah sana sini lubang crankase juga g kna pisau bubut....

Pengerjaan dimulai dari port polish mmbetulkan lubang masuk kluar udara...inlet porting standar saya gerus dengan tuner mendekati tutup klep sehingga menjadi 20mm dan pada area kanan kiri bosh klep saya lebarkan untuk mengoptalkan arah bahan bakar masu

Lubang buang saya lebarkan menyerupai lubang packing knalpot

Noken as saya grinding skitar 1mm dan menyesuaikan derajat buka tutup klepnya...

Klar itu....saya ke tukang las almunium untuk mengelas piston imut2 berukuran 52mm motor cina....loh kok mocin pistonya....hhhh lum tau dia ini piston mocin buat atv alias motor offroad roda 4.....dah terjamin kekuatanya....manteb...

Kelar ngelas piston akhirnya saya mmemui gebetan saya... loh kok...apalagi ini malah pacaran g kerja woiii.....hhhh bukan gitu kbetulan gacoan saya jadi sekretaris di tukang bubutnya....hhhh ada unsur nepotisme...tiap mbumbutin ke situ pasti dimurahin...hhh...gpp lagian juga bengkel bubutnya gaya...pake sekretaris juga.....hhhhh

Di situ piston dibuat dum 3mm kerucut dan coakan pda bagian atapnya agar g nabrak klep saat dipasang....skalian kolter blok silindernya.......

Klar dari bengkel bubut skalian jemput sang pcar akhirna tiba di bengkel  untuk merakitnya....

Oh iya saya memasang karburator shogun 125sp ke supra mr.w....knalpot standar cuman header alias gulubanyak knalpot diganti ukuran 24mm terus nambah 26mm...jadi silincer masih ori...ting ting....perawan;p......hhhh....kopling dibuat manual tanpa ganti blok kopling atau bor cor blokya...saya pasang lwat lubang oli.....kata bengkel lain kopling model gitu pasti nggandul koplingnya...gampamg selip........hhhh belum tau ya mas caranya biar g selip....tuh rubah duduan dreg setelan kopling di dalamnya....beres to...

Setelah stel karburator...cdi juga standarnya...gir final juga bawaan motor....saatnya pengetesan di jlan parang tritis pukul 11malem hhh ademe....dingin juga ternyata....

Tes motor dinaiki anake tetangga saya....hhhh ngajarin g bener nih....g kok dah ijin ama ortunya...

Staaarr.....masuk gigi 1ke 2 ngangkat motorna...poll oper ke 3 ngepot bane blakang...pooll gigi 3 udah 110km/jam masuk 4 pol di 120km/jam....

Hhhhh lumayan untuk motore pemula alias mr.w....

Paginya motor diambil mr.w...tanpa babibu langsung dicoba

......eeee ru oper k gigi 2malah njamping bingung dia.....hhhhh 

Anda puas kami senang.....

Tetap positif thingking biar bisa modif...

Dukun motor jogja....jln dongkelan 513

083840020345...mari mari maen kmari...konsultasi juga boleh kok....kita smua saudara...



Location : Gang Cempedak, Yogyakarta,
Posted via Blogaway